Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara Meningkatkan Keimanan

Bismillahirrahmanirrahim
Blog Religi - Berikut ini beberapa riyadhoh yang bisa kita coba untuk meningkatkan keimanan kita kepada ALLAH SWT
  1. Perbanyak dzikir (menyebut nama Allah) dalam segala keadaan; susah, senang, punya duit, tidak punya duit, dsb. Dengan memperbanyak dzikir, kita akan selalu merasa dekat dengan-Nya. Ketika kita merasa dekat dengan Sang Maha Kuasa, maka kita akan diliputi energi positif yang akan menggerakkan kita kepada hal-hal yang positif juga. Kalau sudah demikian maka segala urusan juga akan berjalan dengan lancar.
  2. Bertafakkur, merenung, berkontemplasi mendalami makna kehidupan. Janganlah kita membiasakan diri untuk cuek atau acuh tak acuh terhadap segala sesuatu yang terjadi pada diri kita atau pada lingkungan sekitar kita. Yakinlah bahwa semuanya tidak terjadi secara kebetulan namun telah diatur sedemikian rupa oleh Sang Khaliq. Dengan bertafakkur kita akan mendapatkan makna dari setiap kejadian. Bahkan dari sesuatu yang menyedihkanpun kita bisa mengambil hikmah sehingga mampu mensikapinya secara positif.
  3. Perbanyak tilawah Al-Qur’an. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al-Qur’an merupakan mu’jizat terbesar nabi Muhammad SAW. Ia merupakan sumber segala sumber ajaran Islam. Keasliannya akan selalu terjaga karena Allah sendiri telah berjanji untuk menjaganya. Membacanya saja akan mendatangkan pahala apalagi kalau kita memahaminya dengan sepenuh hati kemudian mengamalkannya. Untuk tahap dasar, kita bisa memulai dengan rutin membaca Al-Qur’an setiap hari, baru kemudian kita belajar untuk mendalami maknanya. Bagi anda yang belum bisa membaca Al-Qur’an belajarlah sekarang juga. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Dan ingat, belajar membaca Al-Qur’an itu sangat mudah loh……
  4. Qiyamullail atau Sholat Tahajjud. Sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait Sholat Tahajjud ini. Dan terbukti (bahkan secara medis) ia memiliki kekuatan dahsyat untuk kesehatan (jasmani dan rohani) kita. Allah sendiri telah menjanjikan kedudukan mulia bagi hamba-Nya yang melaksanakan Sholat Tahajjud. Anda yang belum pernah melaksanakannya silahkan coba mulai saat ini juga. Pertama akan terasa berat memang tapi untuk seterusnya anda akan kecanduan untuk melaksanakannya karena sudah merasakan efek positifnya.
  5. Bergaullah dengan orang yang sholeh. Tapi jangan diartikan memilih-milih teman loh. Sebenarnya anda bisa bergaul dengan siapa saja bahkan dengan penjahatpun anda boleh bergaul (sekedarnya saja) namun anda harus memiliki teman dekat yang sholeh, yang baik-baik, yang akan membuat anda menangis karena menyadari bahwa anda banyak melakukan dosa, dan yang akan selalu mengajak anda kepada kebaikan.
  6. Menjaga mulut dari yang tidak berguna. Ya… tepat sekali. Marilah kita hilangkan kebiasaan ngomong yang tidak ada manfaatnya. Ngrumpi, ngegosip, menggunjing orang lain, dkk hanya akan membuang waktu kita secara percuma dan akan menggerus kekuatan spiritual kita.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Powerade Coupons